-->

Konsumsi BBM Toyota Rush - Perbandingan Lama dan Baru

Konsumsi BBM Toyota Rush - Perbandingan Lama dan Baru
Konsumsi BBM Toyota Rush - Perbandingan Lama dan Baru

Konsumsi BBM Toyota Rush
- Toyota Rush lama sering dianggap kurang efisien dalam konsumsi BBM dibanding versi terbarunya karena teknologinya yang lebih modern. Namun, jangan salah, kepopuleran Toyota Rush generasi sebelumnya masih sangat tinggi, terutama di daerah-daerah terpencil di Indonesia.

Artikel otomotif ini akan memberikan pemahaman mendalam mengenai perbedaan konsumsi bahan bakar antara Toyota Rush generasi lama dan yang terbaru, yang dikenal sebagai All New Rush. Mari simak ulasannya hingga tuntas.

Generasi pertama Toyota Rush, sering disebut sebagai "Rush Konde," telah mengukuhkan dirinya sebagai pilihan yang handal dengan mesin berkapasitas 1.495 cc. Mesin ini menawarkan performa yang tangguh, tetapi bagaimana dengan konsumsi bahan bakarnya? Apakah tetap bersaing dengan zaman?

Di sisi lain, All New Rush tampil dengan mesin 2NR-VE berkapasitas 1.500 cc. Pertanyaannya, apakah peningkatan ini berdampak pada efisiensi bahan bakar? Apakah teknologi yang lebih modern membawa perubahan signifikan dalam hal konsumsi BBM?

Melalui pembahasan ini, kita akan membongkar perbedaan-perbedaan esensial dalam konsumsi bahan bakar antara kedua generasi Toyota Rush ini. Simak setiap detailnya agar Anda bisa membuat keputusan yang lebih cerdas dalam memilih SUV yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup Anda.

Saat ini, SUV semakin menjadi pilihan utama konsumen di Tanah Air dengan alasan yang kuat. Secara fisik, Toyota Rush tampil lebih gagah dan maskulin dibanding citycar atau hatchback. Tingginya ground clearance juga memberikan fleksibilitas unik kepada mobil ini.

Salah satu SUV kompak yang paling diminati adalah Toyota Rush, hasil kolaborasi antara Toyota dan Daihatsu. Sudah sejak tahun 2006, mobil ini memikat hati masyarakat Indonesia, mengikuti kesuksesan duo Low Multi Purpose Vehicle (MPV), yaitu Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia.

Saat pertama kali diperkenalkan, banyak yang mengira bahwa Toyota Rush dan Daihatsu Terios adalah kembar. Namun, meskipun jarak sumbu roda keduanya sama, terdapat perbedaan signifikan. Daihatsu Terios dapat menampung 7 orang dewasa, sementara Toyota Rush hanya 5 orang dewasa.

Perbedaan kualitas juga terlihat pada fitur-fiturnya. Toyota Rush memiliki fitur lebih lengkap, termasuk Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD), Airbag, dan banyak lagi, menjadikannya pilihan yang lebih canggih dan aman. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk memiliki Toyota Rush yang tidak hanya stylish tapi juga dilengkapi dengan teknologi terkini!

SUV Sejati Layak Untuk Sebutan Toyota Rush Lama

SUV Sejati Layak Untuk Sebutan Toyota Rush Lama
SUV Sejati Layak Untuk Sebutan Toyota Rush Lama

Toyota Rush generasi pertama bukan hanya sekadar mobil, melainkan SUV sejati yang tetap memiliki daya tariknya hingga kini. Mesin 4-silinder berkapasitas 1.500 cc dan dua pilihan transmisi, manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan, membuatnya menjadi pilihan yang solid.

Variannya yang terdiri dari 1.5 G MT, 1.5 S MT, dan 1.5 S AT memberikan opsi yang sesuai dengan kebutuhan. Toyota Rush "Konde," julukan untuk versi lama, menonjolkan ciri khasnya dengan ban serep di bagian belakang.

Pada tahun 2009, mengalami facelift yang menyegarkan penampilannya. Grille yang diperbarui, fog lamp, dan penambahan bumper guard memberikan sentuhan modern. Kemudian, pada 2010, melalui facelift lain dengan tambahan transmisi otomatis, perubahan pada bodi, grille yang lebih padat, lampu belakang bening, dan bumper baru semakin menegaskan kegagahannya.

Toyota Rush terus berkembang, menghadirkan versi TRD Sportivo pada 2013 dengan peningkatan kualitas eksterior dan interior. Dual SRS airbag, pretensioner, spoiler, dan desain bumper yang berubah menjadi bagian dari penyempurnaan tersebut.

Perubahan berlanjut pada 2015, di mana tampangnya yang lebih modern dengan grille, bumper, dan lampu LED menciptakan kesan futuristik. Pelek Alloy Wheel Polisher berukuran 6 inci menambah kesan mewah.

Tahun 2016 membawa peningkatan signifikan dengan kapasitas untuk menampung 7 orang dewasa. Grade TRD Sportivo melahirkan TRD Sportivo Ultimo dengan ubahan suspensi yang membuatnya semakin nyaman.

Pada tahun 2017, All New Rush memperkenalkan platform baru dengan desain yang total. Fitur kunci tanpa kunci (Start Stop Engine), mesin 2NR-VE berkapasitas 1.500 cc dengan teknologi Dual VVT-i memberikan performa optimal dengan tenaga 104 PS dan torsi 136 Nm. Toyota Rush terus menunjukkan evolusinya sebagai pilihan SUV unggul di pasar.

Konsumsi BBM Toyota Rush Lama

Konsumsi BBM Toyota Rush Lama
Konsumsi BBM Toyota Rush Lama

Toyota Rush generasi pertama, dengan mesin bertenaga 1.495 cc, menunjukkan performa yang mengesankan. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimum 109 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimum 145 Nm pada 4.400 rpm.

Dalam hal konsumsi bahan bakar, Toyota Rush lama ini memberikan efisiensi yang baik. Saat berkendara di dalam kota, mobil ini mampu mencapai 8,8 km/liter, sementara untuk perjalanan di jalur bebas hambatan atau jalan tol, konsumsi bahan bakar mencapai 13,8 km/liter. Jika digunakan dalam rute kombinasi, konsumsi BBM Toyota Rush generasi pertama tetap efisien dengan angka 11,3 km/liter.

Dengan angka-angka yang mengesankan ini, Toyota Rush lama tetap menjadi pilihan yang ekonomis dan efisien untuk kebutuhan sehari-hari, baik dalam kepadatan kota maupun perjalanan yang lebih panjang.

Spesifikasi Teknis Toyota Rush Lama
Dimensi
Panjang4.420 mm
Lebar1.745 mm
Tinggi1.740 mm
Jarak sumbu roda2.685 mm
Ukuran roda185/60 R15
Mesin    
Tipe mesin3SZ-VE DOHC VVTi
Isi silinder1.495 cc
Jumlah silinder4
Tenaga maksimum   109 PS @5.500 RPM
Torsi maksimum145 Nm @4.000 RPM
Transmisi  manual 5-speed / otomatis 4-speed
Rem depanVentilated Disc
Rem belakangDrum
Sasis
Sistem kemudiElectric Power Steering
Suspensi depanMcPherson strut dengan coil spring dan stabilizer
Suspensi belakang4-Link dengan coil spring

Konsumsi BBM All New Toyota Rush

Konsumsi BBM All New Toyota Rush
Konsumsi BBM All New Toyota Rush

Toyota Rush generasi terbaru, yang juga dikenal sebagai All New Rush, mengusung mesin bertenaga dengan kode 2NR-VE.

Mesin ini memiliki kapasitas 1.500 cc dan konfigurasi 4 silinder, mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 104 PS pada putaran mesin 6.000 rpm. Torsi maksimumnya mencapai 136 Nm pada putaran mesin 4.200 rpm.

Berbicara tentang konsumsi bahan bakar, All New Rush menunjukkan performa yang efisien. Untuk perjalanan dalam kota, mobil ini mampu mencapai 12 km/liter. Penting untuk dicatat bahwa angka ini diperoleh dengan transmisi otomatis dan kecepatan rata-rata hanya 22 km/jam.

Sementara itu, ketika melaju di jalan tol atau jalur bebas hambatan, konsumsi bahan bakar All New Rush mencapai 16,4 km/liter. Angka ini dihitung dengan kecepatan rata-rata 90 km/jam.

Dengan mesin yang bertenaga dan konsumsi bahan bakar yang efisien, All New Rush menjadi pilihan yang menarik bagi mereka yang menginginkan SUV modern dengan performa yang handal dan hemat bahan bakar.

Spesifikasi Teknis Toyota All New Rush
Dimensi
Panjang4.435 mm
Lebar1.695 mm
Tinggi1.705 mm
Jarak sumbu roda2.685 mm
Ukuran ban215 / 60 R17
Mesin
Tipe mesin2NR-VE DOHC Dual VVT-i
Isi silinder1.496 cc
Jumlah silinder4
Daya maksimum104 PS @6.000 rpm
Torsi136 Nm @4.200 rpm
TransmisiManual 5-speed / Otomatis 4-speed
Rem Depan16" Disc
Rem Belakang Drum
Sasis
Sistem kemudiElectric Power Steering
Suspensi DepanMacPherson Strut dengan Pegas Koil dan Stabilizer
Suspensi Belakang5 Link dengan Pegas Koil dan Lateral Rod dan Stabilizer

Kesimpulan

Dalam rangkaian penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa Toyota Rush, baik dalam generasi lama maupun terbaru (All New Rush), menawarkan kombinasi yang apik antara performa mesin yang handal dan efisiensi konsumsi bahan bakar. Generasi pertama, atau sering disebut sebagai "Rush Konde," tetap relevan dengan mesin 1.495 cc yang mampu memberikan tenaga maksimum dan efisiensi BBM yang baik.

Sementara itu, All New Rush dengan mesin 2NR-VE berkapasitas 1.500 cc menandai evolusi lebih lanjut dengan tenaga maksimum yang impresif dan konsumsi bahan bakar yang efisien, baik dalam kota maupun di jalur bebas hambatan. Performa ini tercapai melalui konfigurasi 4 silinder yang canggih.

Kedua generasi Toyota Rush menonjolkan efisiensi konsumsi bahan bakar yang menjadi nilai tambah, membuatnya cocok sebagai pilihan kendaraan harian, baik untuk kepadatan kota maupun perjalanan jauh. Dengan teknologi yang terus berkembang dan perbaikan pada fitur-fitur, Toyota Rush tetap menjadi salah satu SUV yang diminati, menawarkan keseimbangan antara gaya, kinerja, dan hemat bahan bakar.

Referensi :
LihatTutupKomentar