-->

Membeli Mobil Bekas Untuk Pemula: Tips dan Panduan

Membeli Mobil Bekas Untuk Pemula: Tips dan Panduan
Membeli Mobil Bekas Untuk Pemula: Tips dan Panduan

Membeli mobil bekas bisa menjadi pilihan tepat untuk membeli mobil dengan harga lebih murah. Namun saat membeli mobil bekas, Anda perlu berhati-hati agar tidak menyesal salah memilih. Oleh karena itu, sebaiknya ikuti tips membeli mobil bekas berkualitas.

Membeli mobil bekas merupakan pilihan tepat bagi masyarakat yang ingin memiliki mobil tanpa mengeluarkan banyak uang. Namun membeli mobil bekas memerlukan pengetahuan dan kehati-hatian yang cukup agar tidak menyesal di kemudian hari.

Tips Membeli Mobil Bekas untuk Pemula Agar Tidak Tertipu di Showroom Maupun Penjual Pribadi

Tips Membeli Mobil Bekas untuk Pemula Agar Tidak Tertipu di Showroom Maupun Penjual Pribadi
Tips Membeli Mobil Bekas untuk Pemula Agar Tidak Tertipu di Showroom Maupun Penjual Pribadi


Sebelum membeli mobil bekas, periksalah kondisi mobil dengan cermat. Periksa mesin, sasis, sistem suspensi, sistem kelistrikan, dan interior kendaraan. Jangan takut untuk membawa mobil Anda ke bengkel atau ahli inspeksi mobil untuk memeriksa kondisinya. 

Cek Eksterior Mobil Bekas yang Akan Dibeli

Saat membeli mobil bekas, salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah kondisi eksteriornya. Eksterior yang terawat menandakan bahwa mobil tersebut dirawat dengan baik dan kemungkinan masih dalam kondisi baik. Namun bagaimana cara mengecek kondisi eksterior mobil bekas sebelum membelinya? Berikut beberapa tip bermanfaat.

1. Periksa cat mobil anda

Periksa kondisi cat anda - Periksa dengan teliti cat mobil anda apakah ada goresan atau kerusakan. Jika cat terlihat kusam atau terkelupas, bisa jadi itu menandakan mobil mengalami kecelakaan atau kurang dirawat.

Periksa ketebalan cat - Sebaiknya periksa juga ketebalan cat mobil anda. Jika cat terlihat terlalu tebal, mungkin menandakan mobil sudah dicat ulang. Namun jika cat terlalu tipis dapat menyebabkan korosi dan karat pada mobil Anda.

2. Periksa unit utama.

Periksa kerataan bodi utama - Periksa dengan teliti kerataan badannya. Jika terdapat benturan, hal ini mungkin menandakan bahwa kendaraan mengalami kecelakaan atau benturan.

Periksa kualitas lasan - Anda juga harus memeriksa kualitas lasan pada bodi. Jika lasan terlihat buruk, mobil Anda mungkin mengalami kerusakan parah.

3. Periksa kaca depan.

Periksa kaca depan - Periksa kaca depan apakah ada goresan atau retak. Kaca depan yang rusak dapat mempengaruhi visibilitas Anda saat berkendara.

Silakan periksa jendela samping - Periksa juga kaca samping kendaraan apakah ada yang tergores atau retak. Jika kaca samping rusak, seluruh kaca mungkin perlu diganti.

4. Periksa lampu depan mobil.

Silakan periksa lampu depannya - Periksa apakah lampu depan mobil anda masih berfungsi dengan baik. Pastikan lampu depan Anda tidak terbakar atau rusak.

Periksa lampu belakang - Periksa juga apakah lampu belakang kendaraan berfungsi dengan baik. Lampu belakang yang rusak dapat mengurangi jarak pandang pengemudi yang mengikuti mobil Anda.

5. Periksa pelek dan ban kendaraan.

Silakan periksa peleknya - Periksa pelek mobil apakah ada goresan atau kerusakan. Pelek yang rusak dapat mempengaruhi performa kendaraan bahkan menyebabkan kecelakaan.

Silakan periksa bannya - Periksa dengan teliti kondisi ban mobil anda. Pastikan ban tidak aus atau berkarat dan kondisi tapak ban dalam keadaan baik. Jika ban Anda terlihat kusam atau terkelupas, bisa jadi itu pertanda mobil Anda kurang dirawat.

6. Periksa aksesoris mobil.

Periksa kualitas aksesori - Periksa kualitas aksesoris mobil seperti spion, emblem, grill, dan lain-lain. Pastikan semua aksesoris masih berfungsi dengan baik dan tidak ada yang hilang atau rusak.

Periksa kunci mobil Anda - Periksa apakah kunci mobil Anda sudah benar dan berfungsi dengan baik. Jika Anda perlu mengganti kunci mobil, Anda bisa membayar banyak uang ekstra.

7. Periksa riwayat kendaraan.

Silakan periksa buku servis - Untuk mengecek riwayat perawatan kendaraan, periksa buku servis kendaraan. Pastikan mobil Anda diservis secara rutin dan tidak ada masalah yang memerlukan perhatian.

Silakan periksa riwayat kecelakaan - Pastikan untuk memeriksa riwayat kecelakaan kendaraan. Jika mobil Anda mengalami kecelakaan serius, ini mungkin menandakan bahwa mobil Anda mengalami masalah struktural yang serius.

8. Ayo Test Drive

Setelah mengecek kondisi eksterior kendaraan, lakukan test drive untuk mengecek performa kendaraan secara keseluruhan. Pastikan mobil Anda berjalan lancar dan tidak ada masalah yang perlu diperhatikan.
 

Cek Interior Mobil Bekas Menjadi Salah Satu Tips Membeli Mobil Bekas yang Wajib Dilakukan

Cek Interior Mobil Bekas Menjadi Salah Satu Tips Membeli Mobil Bekas yang Wajib Dilakukan
Cek Interior Mobil Bekas Menjadi Salah Satu Tips Membeli Mobil Bekas yang Wajib Dilakukan

Jika Anda ingin membeli mobil dengan harga lebih murah, membeli mobil bekas adalah pilihan yang tepat. Namun membeli mobil bekas juga memiliki risiko, apalagi jika Anda tidak memiliki pengetahuan yang cukup tentang mobil. Salah satu hal yang harus Anda periksa sebelum membeli mobil bekas adalah bagian dalam mobil.

1. Periksa kondisi jok

Jok mobil merupakan salah satu bagian interior mobil yang sering mengalami kerusakan. Pastikan kursi anak dalam kondisi baik dan tidak rusak. Periksa apakah kulit jok retak atau sobek, apakah terdapat bau aneh, dan apakah ada bagian jok yang kendor atau aus.

2. Periksa Dashboard

Dashboard mobil mempunyai semua pengaturan penting tepat di depan pengemudi. Pastikan semua tombol pada dashboard berfungsi dengan baik dan tidak kendor atau rusak. Periksa juga indikator pada panel instrumen apakah ada kelainan.

3. Periksa Karpet

Karpet mobil sering kali terkena kotoran dan debu. Pastikan karpet mobil Anda bersih dan bebas bau. Periksa apakah ada bekas air atau cairan lain yang menembus karpet. Ini mungkin menandakan adanya masalah pada mobil Anda.

4. Periksa AC dan pemanas ruangan.

Pastikan AC dan pemanas kendaraan berfungsi dengan baik. Nyalakan AC dan periksa apakah udara yang keluar cukup dingin. Periksa juga apakah pemanas dapat menyediakan udara panas yang cukup. Ini akan membantu Anda memeriksa apakah AC dan pemanas kendaraan Anda dalam kondisi baik.

5. Mendaftarkan Bagasi

Mohon pastikan bagasi Anda dalam kondisi baik dan tidak rusak. Periksa bagasi apakah ada noda air atau kerusakan lainnya. Berikut cara mengetahui bagasi mobil Anda terkena air atau kerusakan lainnya.

6. Periksa sistem audio Anda

Pastikan sistem audio mobil Anda berfungsi dengan baik. Nyalakan radio dan putar beberapa lagu untuk memastikan semua speaker berfungsi dengan baik. Pastikan juga tombol-tombol head unit berfungsi dengan baik.

7. Periksa konsol tengah

Konsol tengah dapat digunakan untuk menyimpan minuman dan barang kecil lainnya di dalam mobil. Pastikan konsol tengah dalam kondisi baik dan tidak rusak. Periksa bagian dalam konsol tengah apakah ada retak atau sobek.

8. Periksa penerangan di dalam mobil

Penerangan di dalam mobil merupakan hal yang penting ketika bepergian dengan mobil di malam hari. Pastikan semua lampu di kendaraan Anda berfungsi dengan baik. Silakan periksa apakah lampu di dalam mobil cukup terang dan apakah lampunya rusak.

9. Periksa Sabuk Pengaman

Pastikan semua sabuk pengaman pada kendaraan berfungsi dengan baik. Periksa apakah tali pengaman dapat ditarik dengan mudah.

10. Periksa kondisi kaca jendela anda

Pastikan kaca jendela mobil anda dalam keadaan baik dan bebas dari kerusakan. Periksa apakah jendela dapat dibuka dan ditutup dengan lancar. Periksa juga apakah segel jendela masih dalam kondisi baik.

11. Cek Kondisi Plafon

Plafon mobil merupakan area yang sering terabaikan saat melakukan pengecekan interior mobil. Namun jika plafon rusak bisa jadi menandakan ada masalah pada mobil Anda. Pastikan selimut dalam kondisi baik dan bebas dari kerusakan serta bau tidak sedap.

12. Periksa kondisi knalpot

Knalpot di dalam mobil anda berfungsi untuk meredam kebisingan dari luar mobil dan membuat berkendara lebih nyaman. Pastikan bahan kedap suara dalam kondisi baik dan bebas dari kerusakan dan retak.

13. Periksa kondisi lingkar kemudi

Kemudi merupakan salah satu bagian yang sering digunakan pada saat mengendarai mobil. Pastikan setir mobil Anda dalam kondisi baik dan bebas dari kerusakan atau goresan. Periksa juga apakah tombol-tombol di setir mobil Anda berfungsi dengan baik.

14. Periksa kondisi pintu

Pintu mobil harus mudah dibuka dan ditutup. Pastikan pintu dalam keadaan baik dan tidak ada kerusakan atau suara-suara yang tidak biasa saat membuka atau menutup pintu.

15. Periksa kondisi kunci pintu

Kunci pintu merupakan bagian penting untuk menjamin keselamatan kendaraan. Pastikan kunci pintu Anda dalam kondisi baik dan berfungsi dengan baik. Pastikan semua pintu terkunci dan terbuka dengan mudah.

Dengan memeriksa interior mobil Anda secara teliti, Anda dapat memastikan bahwa mobil bekas yang Anda beli dalam kondisi baik. Jangan takut untuk menghubungi penjual mobil mengenai masalah apa pun pada interior mobil, dan selalu test drive mobil tersebut sebelum Anda membeli.

Kesimpulan & Penutup

Membeli mobil bekas mungkin bisa menjadi pilihan tepat bagi masyarakat yang ingin memiliki mobil tanpa mengeluarkan banyak uang. Namun membeli mobil bekas juga memerlukan kehati-hatian dan pengetahuan yang cukup agar tidak menyesal di kemudian hari. Jika Anda mempertimbangkan tips di atas, Anda dapat menghindari penipuan dan membeli mobil bekas dengan aman.
LihatTutupKomentar