Kelebihan dan Kekurangan Chevrolet Zafira, Mobil Keluarga Harga Rp40 Jutaan

Kelebihan dan Kekurangan Chevrolet Zafira, Mobil Keluarga Harga Rp40 Jutaan
Kelebihan dan Kekurangan Chevrolet Zafira, Mobil Keluarga Harga Rp40 Jutaan

Chevrolet Zafira mungkin hilang dari daftar pencarian minivan bekas dengan harga terjangkau, padahal banyak keunggulan yang dimiliki mobil asal Amerika Serikat ini.
Memanfaatkan pasar MPV pada akhir tahun 2000an, PT General Motors Indonesia memperkenalkan Chevrolet Zafira di Indonesia. Masuk kategori mobil keluarga MPV, Zafira hanya ditawarkan dalam satu varian yakni CD.

Untuk memberikan pilihan yang lebih terjangkau, perusahaan memperkenalkan model GL pada tahun 2002. Selain itu, beberapa tahun kemudian, GM Indonesia meluncurkan model Chevrolet Zafira Elegance yang merupakan model yang lebih mahal.

Namun sayang, pada tahun 2005, GM Indonesia menutup seluruh penjualan Zafira di Indonesia. Sebenarnya Zafira bukanlah mobil yang diproduksi langsung oleh Chevrolet, melainkan oleh perusahaan Jerman Opel yang menggunakan platform Opel Astra.

Alhasil, MPV ini pun memiliki nama lain di banyak negara, seperti Opel Zafira di Amerika Serikat, dan dijual dengan merek Vauxhall di Inggris dan dengan merek Holden di Australia. Zafira yang diluncurkan di Indonesia merupakan generasi pertama dari Zafira yang awalnya diberi nama Chevrolet Zafira A.

Mobil tersebut pertama kali ditampilkan di Frankfurt Auto Show pada tahun 1997, namun produksi dan penjualannya baru dimulai pada tahun 1999. Perlu Anda ketahui juga bahwa mobil yang dikembangkan bekerja sama dengan Porsche ini juga memiliki kembaran Subaru bernama Traviq yang ditujukan untuk pasar Jepang.

Sebagai mobil keluarga, harga pasaran Zafira bekas saat ini berkisar Rp 40-50 jutaan tergantung kondisinya. Jika Anda ingin membelinya, pelajari dulu kelebihan dan kekurangan Chevrolet Zafira melalui ulasan berikut ini.


LihatTutupKomentar